Gejala Penyumbatan Tuba Falopi

By | April 22, 2017

Gejala Penyumbatan Tuba Falopi – Dalam tubuh wanita terdapat sepasang saluran tuba, masing masing memiliki satu di setiap sisi rahim. FUngsinya untuk membawa telur matang dari ovarium ke rahim. Tuba falopi memainkan peran penting dalam proses ovulasi dan konsepsi. telur tidak dapat dibuahi dan embrio tidak dapat mencapai rahim untuk implantasi tanpa saluran tuba. Saluran telur dapat mengembangkan beberapa komplikasi jika mereka tidak dalam kondisi baik. Salah satu masalah ini adalah penyumbatan pada tuba fallopi.

Penyumbatan Tuba Falopi

Hidrosalping ini adalah jenis pembengkakan pada saluran tuba falopi dengan berisikan cairan toksik bercampur nanah, sehingga menghalangi sperma dan telur, sehingga mencegah pembuahan dan kehamilan. Ketika infeksi menyerang saluran tuba, tubuh memproduksi sel-sel darah putih dan antibodi lainnya untuk melawan infeksi. sel darah putih dan cairan lainnya mengisi tabung.

Dalam proses menghancurkan infeksi, dinding bagian rapuh dari tuba falopi adalah bekas luka. Akhir tabung yang masuk ke ovarium sebagian atau seluruhnya diblokir dan jaringan parut mulai terbentuk pada permukaan luar dari tabung falopi. Kondisi ini dapat mempengaruhi indung telur dan saluran tuba menyebabkan infertilitas.

Penyebab paling umum dari saluran tuba tersumbat atau infertilitas tuba adalah penyakit radang panggul (PID), yang merupakan hasil dari penyakit menular seksual (PMS). kontrasepsi intrauterine, aborsi spontan, kesulitan saat lahir atau penghentian kehamilan juga dapat berkontribusi pada EIP. Ini adalah beberapa penyebab potensial lain dari hydrosalpinx:

  • Usus buntu
  • Infeksi rahim disebabkan oleh keguguran atau aborsi sebelumnya
  • endometriosis
  • Adhesi karena operasi sebelumnya tuba fallopi atau perut
  • prosedur tuba litigasi
  • kehamilan ektopik sebelumnya
  • radang selaput perut
  • Latar Belakang gonore atau klamidia

Gejala Penyumbatan Tuba Falopi

Sejak sinyal dari saluran tuba tersumbat yang tidak terlalu signifikan, mereka tidak dapat dengan mudah diidentifikasi. Meskipun ada beberapa gejala yang samar-samar diamati yang tergantung pada penyebab penyumbatan di salah satu atau kedua tuba falopii dan oleh karena itu variabel. Beberapa wanita tidak mengalami gejala sama sekali.

Nyeri di perut bagian bawah dan tidak biasa keputihan adalah gejala diblokir tuba fallopi, yang disebabkan oleh hydrosalpinges. Jika tabung diblokir karena infeksi, rasa sakit yang dialami selama hubungan seksual. Demikian pula, seorang wanita mungkin mengalami nyeri akut selama menstruasi, jika penyumbatan disebabkan oleh penyakit radang panggul (PID). Anovulasi, dimana ovarium tidak melepaskan telur matang (telur), dan siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi indikasi gejala gangguan kesehatan ini.

Pengobatan saluran tuba tersumbat

Sebuah tabung fallopi diblokir berhasil mencegah lewatnya sperma atau sel telur dibuahi (zigot) ke rahim. Ada beberapa perawatan untuk memperbaiki hydrosalpinx dan operasi adalah salah satu opsi tersebut untuk memperbaiki penyebab umum ini ketidaksuburan. Kemungkinan kehamilan bisa lebih baik dengan mencari obat untuk kondisi ini dan oleh karena itu perawatan yang tepat. Tabung choke dapat didiagnosis dengan tes atau prosedur seperti hysterosalpingography (HSG), USG dan pemeriksaan laparoskopi.

  • Salpingectomy – Dalam prosedur ini, tabung yang dipengaruhi oleh hydrosalpinx dihapus. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang keberhasilan prosedur IVF (bayi tabung).
  • Selektif kanulasi Tubal – Penyisipan kateter atau kanula di tuba falopi melalui serviks digunakan untuk mengobati obstruksi di daerah dekat denganuterus.
  • Salpingostomy – Metode ini dipilih bila kedua ujung tuba falopi tersumbat karena hydrosalpinges. Dalam prosedur ini, pembukaan baru dibuat di saluran tuba yang terletak di dekat ovarium.
  • Fimbrioplasty – Prosedur ini dapat dilakukan kapan pun sebagian dari tuba fallopi terdekat ovarium memiliki jaringan parut atau diblokir. Hal ini juga membantu membangun kembali fimbriae dari tuba falopi.
  • Reanastomosis tuba – Metode ini digunakan untuk memperbaiki bagian tuba falopi yang rusak. Bagian terkunci dihapus dan ujung sehat bergabung melalui sayatan perut.

Dapatkan untuk mengetahui tentang penyumbatan tuba falopi dapat menjadi produktif dalam mengobati kondisi ini. Kemungkinan untuk hamil lagi benar-benar tergantung pada tingkat keberhasilan pengobatan.

baca juga :

by : Abang Acep herbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *