10 Cara untuk Meningkatkan Pencernaan Selama Kehamilan

By | Juni 14, 2017

10 Cara untuk Meningkatkan Pencernaan Selama Kehamilan – Anda mungkin memiliki waktu dalam hidup Anda hamil dan ingin menyambut kehidupan baru ke dunia ini. Sementara semua hal baik terjadi di sekitar, Anda mungkin masih mengalami masalah dalam memahami tubuh Anda dan transisi selama kehamilan. Beberapa dari mereka bisa sangat menarik sedangkan beberapa bisa membuat Anda bingung.

baca juga : cara membuka sumbatan tuba falopi

Salah satu fungsi tubuh yang berubah dengan cepat saat hamil adalah pencernaan. Karena hormon kehamilan, otot dan dinding usus mulai rileks sehingga memperlambat pencernaan. Meskipun ini adalah perubahan nyata yang terjadi di tubuh Anda selama kehamilan, Anda bisa mengalami beberapa masalah serius jika pencernaan Anda tidak seimbang. Itu karena Anda sedang makan untuk Anda dan kehidupan di dalam diri Anda juga.

Bacalah 10 cara terbaik untuk memperbaiki pencernaan selama kehamilan.

1. Minum banyak air
Meskipun tip ini cukup tipikal untuk kehidupan sehari-hari Anda, ini bisa sangat membantu mengurangi gangguan pencernaan selama kehamilan. Saat Anda sedang hamil, cobalah dan buatlah delapan gelas air besar menjadi konsumsi harian Anda dan semakin baik. Pastikan juga air yang Anda minum bersih dan bebas kuman sehingga Anda tidak minum air yang terkontaminasi.

2. Makan makanan berserat tinggi
Mengkonsumsi makanan berserat tinggi bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk mempercepat metabolisme Anda setiap saat. Saat Anda hamil, pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya serat seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan banyak lagi. Makanan berserat membantu menjaga makanan tetap bergerak ke dalam saluran pencernaan Anda sehingga mencegah sembelit.

baca juga : tuba falopi tersumbat bisa hamil

3. Olahraga teratur
Terus bergerak selama kehamilan karena bisa sangat membantu sistem pencernaan Anda. Bahkan jika Anda berolahraga dua puluh menit sehari, Anda selalu bisa merasakan perbedaannya. Logikanya adalah, menjaga diri tetap bergerak juga bisa membuat makanan bergerak di jalur pencernaan Anda dan mempercepat metabolisme tubuh Anda, sehingga membuat Anda terhindar dari konstipasi selama kehamilan.

4. Mengelola stres
Metabolisme yang diturunkan juga bisa menjadi hasil dari kehamilan yang penuh tekanan. Wanita yang mengalami stres ekstra selama kehamilan lebih rentan terhadap metabolisme lambat sementara mereka yang dapat mengatasi stres mereka kurang menderita gangguan pencernaan. Jadi, cobalah teknik yang berbeda untuk manajemen stres karena secara langsung dapat mempengaruhi fungsi tubuh Anda seperti pencernaan selama kehamilan.

baca juga : cara mengobati tuba falopi tersumbat

5. Lupakan makanan kaya lemak
Memang benar bahwa Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi dan energi selama kehamilan tapi itu tidak berarti Anda bisa makan apapun yang Anda inginkan. Sementara makanan kaya lemak selalu diperhatikan untuk memperlambat metabolisme, pengaruhnya bisa terlihat sangat saat Anda hamil. Jadi, cobalah untuk mengurangi lemak saat Anda hamil karena secara langsung dapat mempengaruhi pencernaan Anda dan membuat Anda mengalami konstipasi lebih sering. Ujung satunya adalah jangan lupa makan lemak baik dalam jumlah yang tepat.

6. Kurangi karbohidrat dan gula halus
Tidak diketahui bahwa Anda perlu mengurangi karbohidrat olahan dan gula berlebih saat Anda hamil. Logikanya sesederhana mungkin, karbohidrat dan gula yang disuling dapat memperlambat sistem pencernaan Anda dan bisa menyebabkan banyak pencernaan terkait masalah. Jadi, satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan makanan kaya protein dan berserat, bukan makanan kaya karbohidrat di piring Anda.

7. Makan sesuai jadwal
Saat hamil, Anda perlu menjaga pola makan Anda dengan cara yang benar karena makanan yang lebih baik dapat membantu Anda selama masa kehamilan Anda, saat melahirkan dan selanjutnya. Kebiasaan makan yang dijadwalkan dapat melatih sistem Anda untuk mencerna makanan dengan cara yang lebih mudah. Jadi, cobalah duduk untuk sarapan, makan siang dan makan malam sekitar waktu yang sama seperti yang Anda lakukan sehari sebelumnya. Makan sesuai jadwal secara teratur selalu bisa bermanfaat untuk mempercepat metabolisme Anda, bahkan saat Anda sedang tidak hamil.

8. Makan dalam proporsi kecil
Tak perlu dikatakan, memakan makanan Anda dalam porsi kecil dapat membiarkan saluran pencernaan Anda memiliki waktu untuk mencerna makanan dan menjaga ruang untuk porsi makanan berikutnya. Meskipun membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk sistem pencernaan Anda untuk mencerna sebagian besar makanan, makan porsi kecil dari waktu ke waktu dapat dengan mudah mempercepat metabolisme Anda dan membantu pencernaan Anda.

9. Hindari merokok dan minum alkohol
Merokok dan minum selama kehamilan dapat menyebabkan infeksi dan borok pencernaan sementara juga mempengaruhi perkembangan mental dan fisik bayi Anda secara negatif selama kehamilan. Jadi, lebih baik melewatkan kebiasaan buruk ini selama sembilan bulan Anda untuk memiliki kehamilan yang sehat dan bahagia, bebas dari masalah pencernaan atau masalah lainnya. Sebagai gantinya, minumlah banyak air .

10. Pertahankan postur dan usus
Selama kehamilan, cobalah untuk tidak melewatkan rutinitas pagi Anda karena memiliki waktu yang dijadwalkan di kamar kecil Anda bisa sangat bermanfaat bagi pencernaan Anda selama kehamilan. Selain itu, pertahankan postur tubuh Anda, berdiri tegak, duduklah dengan punggung lurus dan saat berada di toilet, gunakan posisi berjongkok karena bisa membantu Anda mendapatkan perut kosong dan kosong. Rutinitas kecil ini bisa sangat efektif bila menyangkut masalah pencernaan Anda selama kehamilan.

by : Abangacepherbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *